PPKM JAWA BALI di perpanjang lagi? mending Piknik

ppkm jawa bali

Akhirnya PPKM jawa bali yang entah sampai kapan berakhirnya di perpanjang lagi, berdasarkan dari kanal berita CNN Indonesia PPKM darurat kali ini akan diperpanjang hingga tanggal 20 September, dan akan di evaluasi kembali setelah tanggal 20 september. Dengan di perpanjangnya PPKM jawa bali ini, Genap sudah PPKM di berlakukan selama kurang lebih 2 bulan di mulai dari bulan Juli.

Tapi kali ini saya gak akan membahas tentang PPKM jawa bali lagi, karena sudah sangat bosan mendengar hal tersebut, Dari pada pusing mending kita piknik saja. Jadi kali ini saya akan membahas tentang salah satu camping ground yang baru saja di launching yang lokasinya di danau buyan, Nama tempatnya adalah Tepi Buyan Campfire, jadi kalau mau search di google map tinggal ketik nama tersebut dan akan langsung terlihat di pencarian.

Tepi Buyan Campfire sedikit berbeda dengan camping ground yang ada di dasong dimana kalau camp ground tersebut di kelola oleh warga sedangkan ini di kelola oleh swasta sehingga bisa di pastikan fasilitas yang diberikan juga sangat bagus. Seperti misalnya toilet yang bersih dan nyaman, rumput yang selalu terawat bahkan untuk kebutuhan listrik pun tersedia disini. Selain itu di campground ini juga sudah terdapat warung yang harganya gak terlalu “mukul” wisatawan, walaupun masih lebih mahal jika dibanding dengan belanja di luar.

Jadi disini tu cocok banget buat yang ingin camping tapi masih agak takut dengan alam liar. maka dari itu camping bersama keluarga khususnya bersama anak anak akan terasa aman dan nyaman. Gak perlu takut dengan hewan hewan liar seperti ular, kelabang maupun kalajengking,

Untuk biaya atau fee disini sangat murah, hanya ribu rupiah saja per orang dan untuk biaya sewa tenda hanya 150 ribu permalam dengan kapasitas tenda 4 orang, sedangkan untuk biaya parkir hanya 5 ribu permotor dan 10 ribu per mobil. Tempat parkirnya pun sangat luas, bisa untuk 10 mobil lebih.

jadi, daripada pusing mikirin PPKM jawa bali yang terus di perpanjang, mending piknik saja di TEPI BUYAN CAMPFIRE. selain itu masih ada lagi tempat wisata yang masih bagus dikunjungi ketika PPKM jawa bali ini terus di perpanjang, contohnya adalah patung GWK meskipun harus lewat jalur alternatif.

Teman Bus Bali, Wajib Untuk Di Coba

bus merah salah satu armada teman bus

Jika sebelumnya saya pernah menulis bagaimana mudahnya berlibur di Bali dengan Bus, maka kali ini saya akan coba membahas lebih dalam lagi tentang salah satu program bus milik pemerintah pusat ini lebih dalam lagi yaitu TEMAN BUS, Dimana untuk di bali sudah di rebranding menjadi METRO DEWATA hanya saja untuk aplikasi mobilenya masih tetap bernama teman bus. Untuk link downloadnya bisa langsung dicari di google play atau untuk pengguna ios bisa langsung download di apple store.

Kelebihan Metro Dewata/Teman Bus

1. Sudah Ada Aplikasinya

Dengan adanya aplikasi yang sudah terintegrasi dengan smartphone, pengguna jadi mengetahui dimana saja terdapat halte dan jalur yang di lewati. Melalui aplikasi juga kita tahu kapan bis selanjutnya akan tiba. Karena dalam aplikasi juga sudah terdapat deteksi lokasi dan memberitahukan pada pukul berapa estimasi bis akan sampai pada halte yang kita tempati.

2. Fasilitas Lengkap, Bersih Dan Canggih

Fasilitas dalam bus ini bisa dibilang cukup lengkap dan bersih, hal ini mungkin dikarenakan umur bus baru setahun saja sehingga semua masih terlihat baru. Diharapkan pengelola tetap bisa menjaga kelengkapan fasilitas dan kebersihan dari bus ini. Begitu juga peran masyarakat sebagai pengguna agar ikut menjaga kebersihan bus dan menjaga fasilitas agar tidak dirusak. Fasilitas standar keamanan seperti pegangan untuk penumpang yang berdiri dan palu pemecah kaca juga sudah ada dalam bus ini. Untuk tempat duduk prioritas juga telah disediakan, khususnya untuk lansia dan ibu hamil ataupun prioritas lainnya. Untuk masalah ke canggihan, bus ini cukup up to date, mirip seperti bus di singapura dimana setiap pemberhentian atau pun mendekati halte selanjutnya ada pemberitahuan melalui running text yang ada di dekat kemudi dan melalui suara.

3. Sistem Keamanan Canggih

Sistem keamanan dari bus ini bisa di bilang cukup canggih, Karena sudah di lengkapi dengan berbagai sensor keamanan. Seperti misalnya kalau bus terlalu ketengah jalan ataupun terlalu dekat dengan kendaraan yang ada di depannya, maka akan ada peringatan melalui suara sehingga penumpang pun ikut tahu.

4. Armadanya Cukup Banyak dan Tidak Perlu Menunggu Lama

Armada dari metro dewata ini bisa dibilang cukup banyak, Bahkan ketika kita menunggu di suatu halte waktu tunggu yang dijanjikan paling lama adalah selama 15 menit saja. Jauh lebih baik dibandingkan bus Trans sarbagita yang bahkan pernah menunggu sampai 1 jam.

5. Sudah Mengikuti Standar Prokes dan Cashless

Pandemi yang belum berakhir ini dan entah sampai kapan akan berakhir mengharuskan beberapa fasilitas umum terutama yang berhubungan dengan orang banyak untuk menggunakan standar protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Seperti misalnya pembayaran dengan tanpa kontak langsung yaitu menggunakan uang elektronik atau kartu toll yang biasa di gunakan untuk masuk toll dan juga sudah disediakan hand sinitizer. Untuk pengaturan tempat duduknya juga sudah di batasi agar tidak berdempetan dan berdekatan.

Kekurangan Metro dewata / Teman Bus Bali

Jika tadi kita berbicara tentang semua kelebihan dari teman bus ini, maka kali ini kita akan membicarakan kekurangannya. Walaupun tidak banyak kekurangan yang ada pada moda transportasi ini. berikut adalah kekurangannya :

  • Trayek atau jalur yang di lalui masih kurang banyak, seperti misalnya jalur jimbaran dan nusa dua benar benar tidak tersentuh. Mungkin dikarenakan jalur ini sudah dilewati oleh trans sarbagita.
  • halte teman bus bali seadanya, Meskipun halte bus cukup banyak di setiap jalurnya. Sayang model halte yang disediakan jauh dari kata halte seperti biasanya. Benar benar tidak ada ruang tunggunya, dipinggir jalan tanpa atap apapun. Sehingga jika pas menunggu bus disaat terik panas sangat tidak nyaman. Halte yang disediakan hanya plang halte dan marka yang bertuliskan Halte Bus.
halte teman bus bali

Itulah review lengkap tentang Teman Bus yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Meskipun kini bali sudah ada moda transportasi umum yang cukup nyaman, tapi sepertinya masih belum cukup untuk menjangkau tempat tempat pariwisata yang dilalui oleh bus ini. Maka dari itu transportasi terbaik untuk mengeksplorasi bali adalah sepeda motor dan bisa di sewa di madeventure.com .

MONUMEN PERJUANGAN TAMAN MUMBUL

halo gaes, kali ini saya mau mereview salah satu monumen yang sebenernya cukup jarang di kunjungi sama wisatawan nusantara. Karena sebagian besar menganggap untuk masuk monumen ini biayanya cukup mahal. karena yang terlihat biasanya wisman dari negri china yang sedang membuat foto prewedding disni. Padahal pada saat kondisi normal, untuk sekedar masuk ke monumen ini cukup membayar retribusi 10 ribu rupiah saja per orang sudah termasuk parkir. Sedangkan kalau mau membuat foto prewedding disini memang biayanya cukup mahal yaitu sekitar 500 ribuan. Tapi hasilnya lebih baik jika dibandingkan dengan monumen bajra sandi di denpasar. Hal ini dikarenakan disamping monumen ini tidak terlalu ramai, monumen ini juga tidak terlalu tinggi dan besar sehingga cukup gampang untuk mengambil gambar sesuai dengan angel yang diingitkan,

INI MONUMEN LOKASINYA DIMANA BLI?

Lokasi dari monumen ini berada di wilayah nusa dua, jadi buat yang punya rencana berkunjung ke nusa dua bisa banget sekalian untuk berkunjung kesini sekedar berfoto saja atau duduk menikmati suasana taman disana. lokasi tepatnya berada di sebelah krematorium dan kuburan kristen taman mumbul. Jadi kalau mau cari lokasinya via google maps tinggal ketik “monumen perjuangan taman mumbul” tinggal ikuti saja, gak mungkin diajak sesat, karena lokasinya berada di jalan raya utama.



KENAPA SIH HARUS MAIN KESINI?

  1. Lokasinya strategis, jadi nyarinya gampang gak ribet
  2. Berdekatan dengan tempat wisata lainnya. Kebetulan satu arah dengan area ITDC nusa dua. Jadi pulang dari ITDC bisa sekalian nih berkunjung kesini
  3. Monumennya cantik, meskipun mirip dengan monumen bajera sandi di denpasar hanya dengan ukutran yang lebih kecil saja
  4. Biayanya cukup murah, hanya 10 ribu saja per orang untuk retribusinya (dimasa normal)
  5. Sebelahan dengan makam dan krematorium, jadi bisa sekalian untuk merenung dan refleksi diri heheee…
monumen perjuangan taman mumbul

KALAU DI MASA PANDEMI SEPERTI INI KE MONUMEN PERJUANGAN TAMAN MUMBUL GIMANA BLI?

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, sayangnya monumen ini menjadi tidak terurus. Hal ini di karenakan pemerintah sudah tidak bisa menggaji para pengurus monumen yang mana sebelumnya pendapatan dari monumen ini cukup besar dari kunjungan wisman dan retribusi pembuatan foto prewedding yang cukup besar. Banyak fasilitas yang terbengkalai begitu saja saat ini seperti kamar ganti dan ruang loket pembayaran. Bahkan monumennya sendiri sudah mulai banyak di tumbuhi semak belukar. Mungkin untuk lebih lengkapnya bisa di cek dalam video review yang saya buat

Begitulah kondisi monumen perjuangan taman mumbul saat ini, Sebagai monumen yang mengingatkan kita atas perjuangan nenek moyang dalam membebaskan tanah bali dari para penjajah masih berdiri tegak dan kokoh. Sayangnya pandemi yang membuat monumen ini kehilangan pengunjungnya yang membuat juga monumen ini menjadi tak terurus. Sebagai monumen perjuangan, harusnya pemerintah dan masyarakat sebisa mungkin untuk tetap menjaga monumen ini agar tetap bersih dan nyaman. Yang paling saya takutkan adalah ketika nanti ada orang yang tidak bertanggung jawab masuk ke monumen ini dan membuat tulisan tulisan vandalisme yang gak penting.

oya, jangan lupa untuk mengunjungi halaman lain dari web ini ya, karena ada banyak sekali info tentang bali yang akan saya bagikan, seperti misalnya moda transportasinya ataupun info wisata yang jarang di ulas di website lainnya seperti jalan pintas menuju GWK.

SPOT FOTO TERSEMBUNYI DI GWK

Kalau ke Bali gak ke tempat ikonik satu ini rasanya kurang afdol dong ya. tidak lain dan tidak bukan adalah patung GARUDA WISNU KENCANA yang sering di sebut dengan GWK. Untuk menuju tempat wisata patung GWK sebetulnya sangat mudah jika melalui jalan umum, bahkan sudah ada angkutan umum trans Sarbagita yang khusus menuju ke GWK dari arah kota denpasar. Tapi akan sangat membosankan jika ke GWK kalau melalui jalur umum, apalagi disaat pandemi seperti ini obyek wisata GWK posisinya sedang tutup.

Tidak usah khawatir jika ke bali tidak bisa berfoto ria dengan patung setinggi 121 meter ini. Karena saya akan membagikan jalur alternatif yang bisa di tempuh ke obyek wisata GWK tanpa harus melalui jalur depan, dan lokasinya bisa di bilang sangat dekat dengan patung GWK seperti hasil foto yang di bawah ini,

Untuk bisa menuju tempat ini, jalurnya hampir sama seperti jalur utama. hanya saja ketika sampai jalan kampus udayana, pilih jalan yang menuju ke jalan goa gong. ikuti saja jalan tersebut sampai melewati tanjakan curam yang terdapat pura di sebelah kirinya. kemudian setelah itu perhatikan sebelah kanan ketika patung GWK sudah mulai terlihat. nanti akan terdapat jalan yang di palang namun masih bisa di lewati oleh sepeda motor. Ikuti terus jalan tersebut dan kita akan sampai pada lokasi.

Sayangnya untuk ke jalur ini memang hanya bisa di lewati oleh sepeda motor saja, untuk mobil masih belum bisa karena jalannya cukup rusak dan di palang juga, memang pada dasarnya jalan jalan di bali itu paling enak menggunakan sepeda motor saja, toh suasananya sangat mantap untuk mototran selama di bali. jadi kalau ke bali jangan lupa untuk sewa motor di www.madeventure.com.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

5 Danau Cantik di Bali yang Punya Panorama Menakjubkan

Tempat Wisata Ayunan di Bali

Saat mendengar kata Bali pasti yang terlintas di benakmu adalah deretan pantainya yang eksotis. Ya, pantai memang menjadi magnet bagi wisatawan kala pelesir ke Pulau Dewata.

Lebih dari itu, selain pantai kamu pun bisa menemukan destinasi wisata alam lain yang tak kalah menarik, salah satunya adalah danau. Meski tak setenar pantainya, beberapa danau di Bali tak kalah menarik buat dikunjungi, lho, karena punya pemandangan yang memanjakan mata.Mulai dari pesona Danau Kembar hingga danau yang punya panorama khas Jepang.Penasaran di mana saja danau tersebut? Yuk simak ulasan berikut.

Danau pertama yang punya pesona memukau di Bali adalah Danau Batur. Terletak di Kintamani, danau ini mesti masuk ke dalam wishlisttravelingmu saat mengujungi Pulau Dewata.Tak hanya panorama alamnya yang bikin betah, danau ini memiliki romansa tersendiri terutama kala matahari terbit atau sunrise. Keindahan ini dijamin akan buatmu terpana.

Mengutip laman Pesona Travel, danau ini dulunya merupakan sebuah kaldera yang terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Batur yang sangat dahsyat. Bahkan, sisa-sisa letusan gunung tersebut bisa kamu temukan di sana.Selain menyuguhkan panorama alam eksotis, Danau Batur juga memiliki sebuah tempat pemandian air panas yang jadi buruan wisatawan. Tempat tersebut adalah Pemandian Air Panas Toya Bungkah.

2. Danau Beratan

Selain Batur, Bali juga punya danau tak kalah eksotis lainnya yaitu Danau Beratan. Berada tak jauh dari Pasar Candi Kuning Bedugul, danau ini menawarkan pesona keindahan alam yang begitu romantis lewat kehadiran Pura Ulun Danau Beratan.

Pesona Danau Beratan Foto: Shutter Stock

Saking indahnya, Pura Ulun Danu yang berada di Danau Beratan menjadi gambar pada pecahan mata uang Rp 50 ribu. Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di danau ini, seperti naik perahu atau memancing di sekitar danau.


Danau ini merupakan salah satu danau favorit yang kerap disambangi wisatawan.

3. Danau Buyan

Bergeser ke wilayah Bali Utara, di sana terdapat satu danau yang sudah tak diragukan keindahannya. Adalah Danau Buyan, danau yang terletak di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng ini menyimpan daya tarik yang luar biasa.Danau seluas 490 hektare ini masih sangat asri bahkan wisatawan dapat dengan mudah menemukan segerombolan monyet ekor panjang.

Tak hanya itu, danau ini memiliki panorama yang menakjubkan jika dilihat dari atas ketinggian.Bagi masyarakat setempat, Danau Buyan juga sebagai sumber irigasi karena memiliki debit air yang banyak. Selain untuk irigasi, danau satu ini dijadikan tempat untuk budidaya ikan konsumsi.

4. Danau Tamblingan

Masih berada di daerah Buleleng, Danau Tamblingan menjadi salah satu danau yang tak boleh dilewatkan ketika liburan di Bali. Lokasinya yang berdekatan membuat Danau Buyan dan Tamblingan kerap disebut sebagai danau kembar.Danau Kembar Buleleng ini pun memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Danau Tamblingan menjadi salah satu danau terindah di Bali sehingga biasanya dijadikan tempat pengambilan foto prewedding oleh pasangan yang akan menikah. Selain itu saat malam hari, danau ini juga menjadi jadi tempat yang tepat untuk berburu foto milky way.Menariknya lagi, di sekitar Danau Tamblingan juga terdapat 11 pura yang makin menambah cantik panorama danau. Bahkan, dua pura di antaranya konon merupakan peninggalan kerajaan Hindu sejak abad ke-10 sebelum Masehi.


5. Danau YehMalet

Terakhir, di Karangasem, Bali kamu bisa menemukan danau cantik lainnya yaitu Danau Yeh Malet. Danau ini pun menawarkan pemandangan khas Jepang.Hal ini karena Danau Yeh Malet ditumbuhi eceng gondok yang memiliki bunga berwarna ungu putih dan terlihat indah ketika sedang bermekaran.

Selain itu, di sana juga terdapat bunga eceng gondok yang dibentuk seperti tulisan ‘I Love U’ dan membuatnya semakin menambah kesan romantis.Karena keindahannya tersebut, danau yang terletak di Banjar Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem menjadi salah satu spot Instagramable di Bali.Siap untuk liburan di Bali?