Mudahnya Berwisata di Bali Dengan Bus Sarbagita Dan Metro Dewata

Salah satu permasalahan para backpacker saat berlibur di bali adalah kurangnya trasnportasi umum yang layak di Bali. Meskipun ada bus umum ataupun sejenis metromini, Kelayakannya biasanya sangat jauh dari kata standar, sehingga mau tidak mau untuk menikmati bali dengan nyaman para wisatawan biasanya menyewa kendaraan baik itu mobil ataupun sepeda motor dan ada pula yang tidak mau repot dengan ikut tour yang sudah di atur.

Tentunya bagi para backpacker sejati sangat tidak afdol untuk ikut tour privat ataupun menyewa mobil, karena akan berbenturan dengan prinsip wisata murah namun puas. Sehingga biasanya mereka menyewa motor di www.madeventure.com yang harga sewa perharinya hanya 50 ribu rupiah saja.

Tapi untuk saat ini Bali sudah memiliki dua moda transportasi umum yang cukup layak dan memiliki trayek yang cukup lengkap yaitu trans SARBAGITA dan TEMAN BUS. Perbedaan dari kedua bus tersebut adalah pengelolanya dan trayeknya. Dimana untuk sarbagita dikelola oleh pemda bali, sedangkan teman bus merupakan program dari kementrian perhubungan sehingga Teman bus juga ada di beberapa kota seperti Solo, palembang , Yogyakarta dan Medan. Sedangkan trans sarbagita hanya ada di Bali saja.

TRANS SARBAGITA

bus sarbagita model terbaru
trans sarbagita di bandara ngurah rai

Trans sarbagita adalah bus umum yang menghubungkan sarbagita (denpasar-badung-gianyar-tabanan). Rute trans sarbagita saat ini yang tersisa hanyalah rute batubulan – bandara- GWK dan denpasar – bandara – GWK saja untuk rute ke arah tabanan sangat jarang saya jumpai. Hal ini dimungkinkan karena rute bus Teman Bus atau yang di bali sering di sebut Metro Dewata sudah menjangkau rute tersebut.

Kelebihan Trans Sarbagita

Dengan biaya Rp. 3.500 saja untuk sekali jalan dan bisa di bayarkan dengan non tunai dengan QRIS kita sudah bisa menikmati fasilitas bus ini yang cukup nyaman. Sudah ada AC, tempat duduk khusus disabilitas ataupun prioritas dan sudah ada pegangan untuk penumpang yang berdiri. Pastinya bus ini sudah memiliki halte halte khusus yang lokasinya cukup banyak sehingga mudah untuk menaikkan ataupun menurunkan penumpang. Dan disamping itu, dimasa pandemi seperti ini layanan bus sarbagita juga sangat memperhatikan prokes, yang kebetulan selain sopir masih ada staf pendamping yang mengatur di dalam bus ini.

Kekurangan Trans Sarbagita

Untuk orang yang tidak memiliki waktu yang banyak, sebaiknya mengurungkan niat untuk menggunakan transportasi ini. Karena trans sarbagita tidak memiliki apps mobile seperti Teman Bus yang bisa mengetahui kapan bus akan tiba di halte. Dan jeda kedatangan antar bus cukup random. Pengalaman saya paling cepat saat menunggu bus ini adalah 20 menit sedangkan paling lama pernah menunggu hingga satu jam.

Teman Bus / Metro Dewata

bus metro dewata
Bus metro dewata / teman bus

Teman bus / bus metro dewata adalah layanan transportasi publik yang di gagas langsung oleh kementrian perhubungan. Untuk rute yang ada di bali bisa di bilang cukup lengkap, sehingga bus ini bisa dijadikan alternatif untuk berwisata menjelajahi beberapa tempat wisata di bali. Terdapat 4 rute utama pada bus ini yaitu ;

  • K3B Pantai matahari terbit – Terminal Ubung (PP)
  • K1B Terminal Pesiapan (tabanan) – central parkir Kuta (PP)
  • K2B GOR Ngurah Rai (denpasar) – Bandara Ngurah rai (PP)
  • K4B Monkey Forest (ubud) – Terminal Ubung (PP)

Untuk review lebih lengkap dari Teman Bus akan saya buatkan artikel yang berbeda sehingga bisa saya jelaskan lebih.

Bali bukanlah bali yang seperti dahulu, dimana hanya orang kaya yang bisa berlibur di bali. Untuk berlibur di bali tidak lagi harus mengikuti privat tour yang biayanya cukup menguras kantong. Semua jenis wisatawan bisa menikmati Bali dengan baik tanpa harus mengganggu satu sama lainnya. Baik itu para backpacker maupun para koper traveller semuanya bisa berlibur di bali sesuai dengan budgetnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *